Senin, September 20, 2010

a MenTaL or BehavioraL iLLness

Depression (Unipolar Depressive Disorder)
An illness characterized by lackluster energy and a general lack of interest in life. Often recurrent or even chronic. Poor self-esteem, a sense of sadness, dejection or hopelessness without any clear cause, suicidal thoughts. Treated with antidepressant medications such as Prozac and/or psychotherapy, through which patients can learn to overcome—among other things—their negative self-image.

Manic Depression (Bipolar Affective Disorder)
Alternating bouts of mania and depression. Feeling dramatically more active, confident and sociable, then depressed or intensely irritable; delusions. Treated: Mainly by mood-stabilizing drugs such as lithium or anticonvulsants such as sodium valproate (Depakote) and carbamazepine (Tegretol).

Schizophrenia
A psychotic disorder that severely alters the way a person usually thinks and behaves. Hallucinations, delusions, confusion, withdrawal, agitation, emotional numbness. Treated: Therapy, along with antipsychotic drugs. Success rate is fairly high—about 50% of patients can expect a full and lasting recovery.

Post-traumatic Stress Disorder
A delayed psychological reaction after witnessing or experiencing a highly traumatic event, like a war, natural disaster or a violent physical assault. Anxiety, flashbacks, recurring nightmares, emotional numbness, chest pain. Treated: Therapy, in which patients talk through the traumatic event, helping them accept the incident and regain control. New antidepressant drugs can also relieve symptoms.

Obsessive-Compulsive Disorder
Repeated, unwanted thoughts, or unnecessarily repeating actions such as washing hands or counting. Extreme anxiety or depression. Obsessions and compulsions. Treated: Drugs are effective, enabling some 75% of patients to recover. Therapy helps the sufferer confront the problem and alter his or her behavior.

Panic Disorders
Sudden and recurrent attacks of intense fear or panic. Palpitations, chest pain, shortness of breath, hyperventilation. Fear of being alone or of dying. Therapy involves repeated exposure to the patient's anxiety or fear in order to change his or her thinking patterns and actions. Medication might also be prescribed.

Selasa, Maret 23, 2010

Jamurr,...hmm,...Yummy,..

Jamur,..kalo diolah dan dimasak dengan bumbu n cara yang pas bisa jadi santapan yang enaaakkk,....banget.

Tapi gak semua jenis jamur aman untuk dikonsumsi loo,...

Nah,..ini aku share macam-macam jamur yang bisa disulap jadi makanan enak,..:

1.Jamur kancing/champignon/button mushroom/jamur kompos

Bentuknya bulat, berwarna putih sedikit krem atau cenderung cokelat muda. Rasanya gurih dan sedikit kenyal. Dijual dalam kemasan kaleng atau segar. Cocok di buat aneka masakan Itali, seperti pizza, gratin, serta omelet.

2. Jamur tiram

Jamur bertudung/paying yang warnanya putih. Jamur ini mudah busuk karena banyak mengandung air. Jamur ini cocok di tumis (yang segar) dan dicampur ke dalam saus steak (yang dikemas dalam kaleng).

3. Jamur merang

Bentuknya bulat telur dan warnanya cokelat muda keabuan. Rasanya lebih enak bila di masak sebelum selubungnya mekar. Cocok dipakai untuk campuran mi ayam, sup, cap cay, pepes, dan tumis.

4. Jamur shitake/hioko/jamur paying

Bentuknya seperti payung dengan tangkai pendek. Bila disantap segar, jamur ini kenyal. Namun bila kering (sebelum diolah harus direndam air panas dulu), jamur ini liat. Dibanding jamur yang lain, harga jamur ini lebih mahal. Sering diolah ked lam sup miso, cha-wanmushi, mi udon, atau digoreng dengan tepung sebagai tempura.

5. Jamur Enokitake/jamur taoge

Bentuk dan warnanya mirip taoge besar. Aromanya segar dan rasanya garing. Sebelum dimasak, akarnya dibuang terlebih dahulu. Jamur ini cocok diolah untuk sup atau tumisan dalam masakan Korea dan Jepang.

6. Jamur Kuping

Bentuknya mirip daun telinga manusia. Yang segar, warnanya cokelat muda dan yang kering warnnya kehitaman. Sebelum digunakan, yang kering harus direndam air panas terlebih dahulu. Cocok di tumis, atau dicampur ke dalam sup kimlo.


>> Sedikit mengiklan yaa,...ada tempat makan yang menu2nya khusus dari jamur n rasa nya dijamin uuueeenaaaakkkk,...banget,..n harga so pasti terjangkau.

Nama restonya "JEJAMURAN"

Alamat "Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta, 55512"
Telepon ( 0274) 868170

Sabtu, Mei 09, 2009

LUPUS,...bawa 'Andien'-kita pergi,..

Penyakit LUPUS adalah penyakit baru yang mematikan setara dengan kanker. Tidak sedikit pengindap penyakit ini tidak tertolong lagi, di dunia terdeteksi penyandang penyakit Lupus mencapai 5 juta orang, lebih dari 100 ribu kasus baru terjadi setiap tahunnya.

Arti kata lupus sendiri dalam bahasa Latin berarti “anjing hutan”. Istilah ini mulai dikenal sekitar satu abad lalu. Awalnya, penderita penyakit ini dikira mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi . Bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, panas dan rasa lelah berkepanjangan , rambutnya rontok, persendian kerap bengkak dan timbul sariawan. Penyakit ini tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh.

Gejala-gejala penyakit dikenal sebagai Lupus Eritomatosus Sistemik (LES) alias Lupus. Eritomatosus artinya kemerahan. sedangkan sistemik bermakna menyebar luas keberbagai organ tubuh. Istilahnya disebut LES atau Lupus. Gejala-gejala yang umum dijumpai adalah:

1. Kulit yang mudah gosong akibat sinar matahari serta timbulnya gangguan pencernaan.
2. Gejala umumnya penderita sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal. Gejala ini terutama didapatkan pada masa aktif, sedangkan pada masa remisi (nonaktif) menghilang.
3. Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Kadang disebut (butterfly rash). Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik. Melihat banyaknya gejala penyakit ini, maka wanita yang sudah terserang dua atau lebih gejala saja, harus dicurigai mengidap Lupus.
4. Anemia yang diakibatkan oleh sel-sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit LUPUS ini
5. Rambut yang sering rontok dan rasa lelah yang berlebihan

Dr. Rahmat Gunadi dari Fak. Kedokteran Unpad/RSHS menjelaskan, penyakit lupus adalah penyakit sistem imunitas di mana jaringan dalam tubuh dianggap benda asing. Reaksi sistem imunitas bisa mengenai berbagai sistem organ tubuh seperti jaringan kulit, otot, tulang, ginjal, sistem saraf, sistem kardiovaskuler, paru-paru, lapisan pada paru-paru, hati, sistem pencernaan, mata, otak, maupun pembuluh darah dan sel-sel darah.

“Penyakit ini dapat mengenai semua lapisan masyarakat, 1-5 orang di antara 100.000 penduduk, bersifat genetik, dapat diturunkan. Wanita lebih sering 6-10 kali daripada pria, terutama pada usia 15-40 tahun. Bangsa Afrika dan Asia lebih rentan dibandingkan kulit putih. Dan tentu saja, keluarga Odapus. Timbulnya penyakit ini karena adanya faktor kepekaan dan faktor pencetus yaitu adanya infeksi, pemakaian obat-obatan, terkena paparan sinar matahari, pemakaian pil KB, dan stres,” ujarnya. Penyakit ini justru kebanyakaan diderita wanita usia produktif sampai usia 50 tahun sekalipun ada juga pria yang mengalaminya. Oleh karena itu dianggap diduga penyakit ini berhubungan dengan hormon estrogen.

Pada kehamilan dari perempuan yang menderita lupus, sering diduga berkaitan dengan kehamilan yang menyebabkan abortus, gangguan perkembangan janin atau pun bayi meninggal saat lahir. Tetapi hal yang berkebalikan juga mungkin atau bahkan memperburuk geja LUPUS. Sering dijumpai gejala Lupus muncul sewaktu hamil atau setelah melahirkan.

Tubuh memiliki kekebalan untuk menyerang penyakit dan menjaga tetap sehat. Namun, dalam penyakit ini kekebalan tubuh justru menyerang organ tubuh yang sehat. Penyakit Lupus diduga berkaitan dengan sistem imunologi yang berlebih. Dalam tubuh seseorang terdapat antibodi yang berfungsi menyerang sumber penyakit yang akan masuk dalam tubuh. Uniknya, penyakit Lupus ini antibodi yang terbentuk dalam tubuh muncul berlebihan. Hasilnya, antibodi justru menyerang sel-sel jaringan organ tubuh yang sehat. Kelainan ini disebut autoimunitas . Antibodi yang berlebihan ini, bisa masuk ke seluruh jaringan dengan dua cara yaitu :

Pertama, antibodi aneh ini bisa langsung menyerang jaringan sel tubuh, seperti pada sel-sel darah merah yang menyebabkan selnya akan hancur. Inilah yang mengakibatkan penderitanya kekurangan sel darah merah atau anemia.

Kedua, antibodi bisa bergabung dengan antigen (zat perangsang pembentukan antibodi), membentuk ikatan yang disebut kompleks imun.Gabungan antibodi dan antigen mengalir bersama darah, sampai tersangkut di pembuluh darah kapiler akan menimbulkan peradangan. Dalam keadaan normal, kompleks ini akan dibatasi oleh sel-sel radang (fagosit) Tetapi, dalam keadaan abnormal, kompleks ini tidak dapat dibatasi dengan baik. Malah sel-sel radang tadi bertambah banyak sambil mengeluarkan enzim, yang menimbulkan peradangan di sekitar kompleks. Hasilnya, proses peradangan akan berkepanjangan dan akan merusak organ tubuh dan mengganggu fungsinya. Selanjutnya, hal ini akan terlihat sebagai gejala penyakit. Kalau hal ini terjadi, maka dalam jangka panjang fungsi organ tubuh akan terganggu.

Kesembuhan total dari penyakit ini, tampaknya sulit. Dokter lebih berfokus pada pengobatan yang sifatnya sementara.Lebih difokuskan untuk mencegah meluasnya penyakit dan tidak menyerang organ vital tubuh.

Andien,..semoga diberi kelancaran buat jalan mu ke SANA,....

Sabtu, Desember 13, 2008

HaRum..TenanG..


Pada suka pake Aromateraphy gag sie,..kayanya sekarang lagi in banget ya di tengah-tengah kita,..hehe termasuk aku juga sie :p tapi percaya atau tidak (mungkin lebih tepatnya sugesti) aromateraphy ini manjur loh,..
nah posting kali ini aku pengen kasih informasi ke temen-temen semua tentang macam-macam aromateraphy yang ada saat ini....

Fragrance oil
Fragrance oil diperoleh dari sari tumbuhan serta buah-buahan yang memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan terapi. Fragrance oil dapat digunakan utuk penyegaran kembali potpourri anda.
Cara pemakaian :
Masukkan fragrance oil 3-4 tetes ke dalam tungku yang telah diisi air, nyalakan pada saat tidur atau sedang bekerja.

Insence Stick
Aromaterapik insence stick dibuat dari serbuk kayu& akar pilihan dengan wangi tradisional Indonesia. Keharuman dari aromaterapik ini dapat menembus ke dalam hati dan memberi makan kepada jiwa yang lelah, serta dapat mengendalikan semangat.
Cara Pemakaian:
Bakar insence stick saat menjelang tidur atau untuk meditasi

Lulur
Terbuat dari rempah yang dihaluskan. Dioleskan ke tubuh, setelah agak kering piling dengan untuk mengangkat kotoran yang menempel pada kulit dan membuka pori-pori. Membuat kuliat tubuh lebih segar dan harum.

Rempah Mandi
Relaksasi dengan cara berendam dalam air yang diberi berbagai macam rempah-rempah yang beraroma untuk mengembalikan otot aliran darah mengurangi pegal-pegal dan membuat kulit lebih segar dan senantiasa harum.

Bath Salt
Produk ini terbuat dari garam non yodiumdan tumbuhan alami pilihan yang selanjutnya diolah menjadi aroma yang unik dan lembut. Produk ini membuat tubuh segar kembali setelah bekerja/ berolahraga dan memberikan aroma yang exotic bagi tubuh setelah mandi.
Cara pemakaian:
Tuang bath salt 3-4 sendok makan ke dalam bak mandi yang berisi air hangat .

Bath Oil
Perawatan setiap hari untuk relaksasi yang membuat kulit senantiasa harum dan halus. Untuk terapi relaksasi campur 3-4 sendok makan bath oil ke dalam bak mandi.

Body Bath Boom
Perpaduan antara bath salt dan bath oil dengan keharuman yang membuat kita relaks.

Massage Oil
Minyak zaitun yang sudah ditambahkan dengan aroma untuk memijat, dibuat untuk memanjakan kulit saat memijat. Tidak lengket di kulit serta keharumannya yang segar dan memberi body lotion bagi kulit kita.

Foot Bath Boom
Perawatan untuk kaki yang penat karena perjalanan jauh atau pemakaian sepatu berhak tinggi. Untuk mengembalikan kekuatan syaraf yang capek dan membuat kaki senantiasa harum.

Sabtu, November 08, 2008

Semua Heboh!! Jelang Eksekusi Amrozi cs

Beberapa hari terakhir ini,..semua acara berita di TV, di situs2 internet, di radio2..semuanya heboh menggembar-gemborkan berita tersebut....
keadaan disana, rencana acara eksekusi, pengamanan di berbagai wilayah di tanah air...fiuh!! dengernya aja aku sampai panas dan bosen..
Kenapa berita itu terus aja di serukan?
bukankah hal tersebut akan membuat semakin geram teman2 seperjuangan Amrozi??
Menurut pikiran saya sebaiknya berita itu di umumkan saat Amrozi Cs sudah dieksekusi, jadi kita bahas pasca nya aja bukan pra nya karena hal ini justru akan membuat keadaan dimana2 menjadi kurang aman...
belum lagi dengan ancaman 2 bom tang sekarang banyak terjadi, dan aku kasihan dengan warga di Nusa Kambanagan dan sekitarnya sana...pasti rasa nya nggak aman banget..

Trus lagi kenapa eksekusinya ditunda tunda terus...
Huuh jadi gemes juga sama Yang berwenang...
hmm atau janagan2 mereka takut yah mengeksekusi para Teroris ituh???
hihihi...:d
 
Copyright 2009 Inong Mind. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Blogger Showcase